Fikri, Muhammad jauharul (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACA TULIS al-Qur’an (STUDY KASUS DI MADRASAH MUROTTILIL QUR’AN pondok pesantren lirboyo). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
COVER JAUHARUL FIKRI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I JAUHARUL FIKRI.pdf Download (745kB) |
|
Text
BAB II JAUHARUL FIKRI.pdf Download (696kB) |
|
Text
BAB III JAUHARUL FIKRI.pdf Download (595kB) |
|
Text
BAB IV JAUHARUL FIKRI.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
|
Text
BAB V JAUHARUL FIKRI.pdf Download (538kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA JAUHARUL FIKRI.pdf Download (562kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DOKUMENTASI JAUHARUL FIKRI.pdf Download (361kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Jauharul Fikri. 2023: berjudul UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACA TULIS AL-QUR’AN. (Study Kasus Di Madrasah Murottilil Qur’an Pondok Pesantren Lirboyo). Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Bpk. Dr. KH. Moh. Turmudi, M.Pd.I Kata kunci: UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACA TULIS AL-QUR’AN Dalam pengajaran baca tulis al-Qur’an, tentu membutuhkan Pendidikan yang tegas dan terarah. Karena pada prinsipnya, belajar baca tulis al-Qur’an merupakan sebuah embrio untuk kita belajar ketahapan-tahapan ilmu yang lain. Bahkan dalam sejarahnya, al-Qur’an yang turun pertama kali menegaskan dengan sebuah diksi iqro’ atau bacalah, hal ini menandakan bahwa sudah selayaknya belajar baca tulis al-Qur’an harus dilakukan secara komprehensif dan masif. Melihat hal demikian, melalui Lembaga Madrasah Murottilil Qur’an Lirboyo, berusaha menerapkan pengajaran secara intensif tentang al-Qur’an di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Klasifikasi macam bentuk pengajaran diterapkan dengan sistem continue sesuai tingkat kemampuan siswa. Melihat hal diatas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1)Bagaimana upaya pengajaran baca tulis al-Qur’an di Madrasah Murottilil Qur’an Lirboyo?, (2)Bagaimana cara dalam meningkatkan pemahaman baca tulis al-Qur’an di Madrasah Murottilil Qur’an Lirboyo Kediri?, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an di Madrasah Murottilil Qur’an Lirboyo Kediri. Maka yang menjadi fokus dalam penelitian skripsi ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Adapun data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data yang bersumber dari Madrasah Murottilil Qur’an Lirboyo Kediri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Upaya pengajaran baca tulis al-Qur’an di Madrasah Murottilil Qur’an Lirboyo adalah kegiatan pembelajaran membaca dan menulis yang ditekankan pada Upaya memahami informasi, juga pada tahap menghafalkan, lambang-lambang dan mengadakan pembiasaan dalam melafalkannya serta cara menuliskannya. Adapun tujuan dari pembinaan dan pembelajaran baca tulis al_Qur’an ini adalah agar dapat membaca kata-kata dengan kalimat sederhana dengan lancar dan tertib, serta dapat menulis huruf dan lambing-lambang arab dengan rapih, lancer dan benar. (2) Cara dalam meningkatkan pemahaman baca tulis al-Qur’an di Madrasah Murottilil Qur’an Lirboyo Kediri dilakukan dengan membagi lima tingkatan pelajaran, yaitu Tingkat Jet tempur, Tingkat Ibtidaiyah, Tingkat Tsanawiyah, Tingkat Aliyah, Sab’atul Qiro-at. dengan praktik guru membaca, menjelaskan, dan mencontohkan isi materi kemudian santri menirukannya. Para guru juga telah melakukan persiapan untuk pembelajaran tersebut, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an di Madrasah Murottilil Qur’an Lirboyo Kediri, sisi pendukung di antaranya reward, tempat belajar yang memadai dan semangat peserta didik, sedangkan sisi penghambatnya sikap siswa yang cenderung tidak disiplin, serta mengulangi kesalahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Depositing User: | S.Pd M. Syahrizal Niqie |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:11 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:11 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1871 |
Actions (login required)
View Item |