PEMBELAJARAN TAHFIZ DI PONDOK PESANTREN TARBIYAT AL-QUR’AN AL-FAQIHIYYAH NGANJUK DALAM PERSPEKTIF TEORI KOGNITIF

Nur, Hidayat (2023) PEMBELAJARAN TAHFIZ DI PONDOK PESANTREN TARBIYAT AL-QUR’AN AL-FAQIHIYYAH NGANJUK DALAM PERSPEKTIF TEORI KOGNITIF. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
full 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tahfiz Al-Qur’an menjadi trend dan kebutuhan dimasyarakat saat ini, tetapi menghafal Al-Qur’an bukanlah hal yang mudah karena butuh ketelatenan dan proses yang panjang, dalam hal ini pembelajaran menghafal Al-Qur’an dibutuhkan pendekatan khusus agar mempermudah para santri untuk menghafal Al-Qur’an dan menjaganya. Apalagi bagi santri yang memiliki kesibukan selain menghafal Al-Qur’an seperti belajar disekolah formal di luar lingkungan pondok pesantren. Atas dasar latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian sebagaiaman berikut; (1) Bagaimana Pembelajaran di Pondok Pesantren Tarbiyat Al-Qur’an Al-faqihiyyah ? (2) Bagaimana Penerapan Pembelajaran Tahfiz dalam Prespektif Teori Kognitif di Pondok Pesantren Tarbiyat Al-Qur’an Alfaqihiyyah? (3) Bagaimana Peran Guru dalam Pembelajaran Tah{fiz} dalam perspektif teori Kognitif di Pondok Pesantren Tarbiyat Al-Qur’an Alfaqihiyyah ?Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi di lapangan, wawancara dengan partisipan dan dokumentasi. Sementara untuk analisis data peneliti menggunakan teknil analisis model alur yang meliputi; reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, yaitu: (1) Pembelajaran Tahfiz di Pondok Pesantren Tarbiyat Al-Qur’an Al-faqihiyyah meliputi pembentukan pengurus, penyusunan kegiatan,pemilihan metode hafalan, penentuan target hafalan dan evaluasi. (2) Penerapan Pembelajaran Santri Tah{fiz} dengan Prespektif Teori Kognitif dengan meliputi tiga tahapan, pertama, asimilasi, kedua akomodasi, dan ketiga ekuilibrasi. (3) Peran guru dalam pembelajaran ini sebagai pembimbing, pengarah, motivator, penasehat, pengajar dan evaluator.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:59
Last Modified: 21 Aug 2024 02:59
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1843

Actions (login required)

View Item View Item