PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MTS AL MANAR TANJUNGTANI PRAMBON NGANJUK (Studi Komparasi Kelas Tahfidz Dan Kelas Reguler)

Amaliah, faiqotul (2023) PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MTS AL MANAR TANJUNGTANI PRAMBON NGANJUK (Studi Komparasi Kelas Tahfidz Dan Kelas Reguler). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Tesis Faiqotul Amaliah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK AMALIAH, FAIQOTUL. 2023: Pengaruh Intelligence Quotient (IQ) Terhadap Prestasi Belajar Di Mts Al Manar Tanjungtani Prambon Nganjuk (Studi Komparasi Kelas Tahfidz dan Kelas Reguler), Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Hamam Syamsuri, M.Pd, M. Arif Khoiruddin, M.Pd.I. Kata Kunci: Intelligence Quotient (IQ), Prestasi Belajar, Kelas Tahfidz Dalam bidang akademis, kemampuan Intelegensi (IQ) sangat menentukan tingkat keberhasilan belajar. Semakin tinggi IQ peserta didik semakin berpotensi memiliki peluang mendapat nilai hasil belajar tinggi begitu pula sebaliknya. Disisi lain, Fenomena program tahfidz atau kelas tahfidz sudah di terapkan di beberapa daerah mulai jenjang sekolah dasar sampai jenjang perguruan tinggi. Program tahfidz merupakan program yang sulit dan membutuhkan waktu beberapa tahun untuk menyelesaikannya. Pelaksanaan wajib belajar bersama dengan program tahfidz memiliki dua kemungkinan yakni pertama, peserta didik yang mengikuti kelas tahfidz akan mengalami penurunan prestasi belajar karena beratnya beban menghafal alquran disertai dengan beban belajar. Kedua, peserta didik yang mengikuti kelas tahfidz memiki prestasi belajar lebih unggul dari pada peserta didik kelas reguler karena kemampuan otaknya selalu di asah. Atas dasar latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian berikut (1) Bagaimana Intelligence Quotient (IQ) peserta didik kelas tahfidz di MTs Al Manar? (2) Bagaimana Intelligence Quotient (IQ) peserta didik kelas reguler di MTs Al Manar? (3) Bagaimana pengaruh Intelligence Quotient (IQ) terhadap prestasi belajar kelas tahfidz dan kelas reguler di MTs Al Manar? (4) Bagaimana perbedaan prestasi belajar antara peserta didik kelas tahfidz dan kelas reguler di MTs Al Manar? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survei bersifat komparatif asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara terstruktur dengan skala likert berbentuk checklist. Sementara untuk analisi data menggunakan software SPSS 16.0. Hasil Penelitian, yaitu: (1) Intelligence Quotient (IQ) peserta didik kelas tahfidz MTs Al Manar ialah baik, dengan mayoritas skor nilai 90-105 atau rata-rata. (2) Intelligence Quotient (IQ) peserta didik kelas regular kelas regular MTs Al Manar ialah baik, dengan mayoritas skor nilai 90-105 atau rata-rata. (3) Intelligence Quotient (IQ) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Pengaruh positif IQ terhadap prestasi belajar peserta didik kelas tahfidz yaitu r = 0,288 atau 28,8%. dan kelas regular yaitu r = 0,564 atau 56,4%. (4) Prestasi belajar kelas tahfidz mendapatkan hasil lebih unggul dari pada prestasi belajar kelas regular dengan perbedaan mean 1.5174 > 1.4835.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:37
Last Modified: 15 Aug 2024 03:37
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1831

Actions (login required)

View Item View Item