PROGRAM KHIDMAH BERBASIS SERVICE LEARNING SEBAGAI PENGEMBANGAN PSIKOMOTORIK SANTRI DI SPM MADRASAH ULYA PP. MIFTAHUL MUBTADIIN KREMPYANG NGANJUK

Binti Ulfatul Janah, Ulfa (2023) PROGRAM KHIDMAH BERBASIS SERVICE LEARNING SEBAGAI PENGEMBANGAN PSIKOMOTORIK SANTRI DI SPM MADRASAH ULYA PP. MIFTAHUL MUBTADIIN KREMPYANG NGANJUK. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Cover+Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap individu selalu mengalami proses belajar dalam kehidupannya, dengan belajar akan memungkinkan individu untuk mengadakan perubahan di dalam dirinya. Program Khidmah sebagai pengembangan psikomotorik santri merupakan program yang menstimulasikan kecerdasan psikomotorik santri melalui basis servise learning. Servise learning merupakan cara belajar yang menghubungkan tindakan positif dan bermakna di masyarakat dengan penuh akademik, perkembangan pribadi dan tanggungjwab. SPM Madrasah Ulya merupakan lembaga pendidikan yang berada dalam naungan pondok pesantren dan yayasan islam al ghozali guna menghasilkan alumni yang memainkan peran yang berharga dalam kiprah keilmuan, kepemimpinan sebagai generasi lulusan pesantren yang tafaquh fiddin. Penelitian ini akan menjelaskan pelaksanaan program khidmah berbasis servise learning, menjelaskan perkembangan psikomotorik santri, serta menguraikan target yang akan ditetapkan dalam program khidmah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan tiga alur, yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Dalam tahap penelitian penulis menggunakan tiga tahapan yakni, pra lapangan, lapangan dan analisi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program khidmah berbasis servise learning yang berada di SPM Madrasah Ulya PP. Miftahul Mubtadiin Krempyang Nganjuk wajib diikuti oleh santri purna Aliyah dengan menempatkan para santri di berbagai unit di pondok pesantren Miftahul Mubtadiin dan Madrasah Darussalam sebagai sarana pelatihan praktik keilmuan, sarana pembentukan integritas santri, media penanaman nilai keikhlasan, nilai ketaatan serta nilai perjuangan tanpa mengharapkan sebuah kepamrihan. Pengembangan psikomotorik santri di SPM Madrasah Ulya PP. Miftahul Mubtadiin Krempyang Nganjuk dilaksanakan sebagai kebutuhan aktualisasi santri. Hal ini dibuktikan dengan ditemukan adanya perubahan perilaku santri yang menjadi indikator dari integritas yakni bertambahnya pengalaman serta mampu merefleksikan apa yang telah diikuti setelah mereka mengikuti program khidmah. Target yang ditetapkan di SPM Madrasah Ulya adalah tuntas menyelesaikan Program khidmah selama satu tahun penuh dan menghasilkan alumni yang berintegritas serta lulusan yang tafaqquh fiddin.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:57
Last Modified: 27 Aug 2024 02:57
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item