Kholiq, Muhammad khozin (2023) IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB MINHAJUL MUTA’ALIM (DI KASUS PONDOK PESANTREN AS-SALAMAH LIRBOYO KOTA KEDIRI). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
Text
AWAL.pdf Download (483kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB II .pdf Download (471kB) |
|
Text
BAB III .pdf Download (124kB) |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
Text
BAB V .pdf Download (170kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
Abstract
M. Khozin Hafidlil Kholiq. 2023: berjudul Implementasi Konsep Pendidikan Islam Dalam Kitab Minhajul Muta’alim. (Di Kasus Pondok Pesantren As�Salamah Lirboyo Kota Kediri). Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Bpk. Dr. KH. Moh. Turmudi, M.Pd.I Kata kunci: Implementasi Konsep Pendidikan Islam, Minhajul Muta’alim Dalam Pelaksanaan syariat agama Allah, diperlukan pendidikan yang komprehensif mengenai cabang-cabang syariat tersebut. Fragmen seperti ini ada pada pendidikan agama Islam (tafaquh fi din). Pendidikan agama Islam sendiri menurut Azyumardi Azra tidak terlepas dari tujuan hidup manusia dalam Islam, yaitu untuk menciptakan pribadi-pribadi hamba Allah yang selalu bertaqwa kepada�Nya dan dapat mencapai kehidupan berbahagia di dunia dan akhirat.Dalam hal ini telah banyak lembaga pendidikan yang melakukan Pendidikan agama Islam, salah satunya Pondok Pesantren As-Salamah Lirboyo Kediri. Pesantren ini baru berdiri pada tahun 2020. Akan tetapi, sudah dihuni lebih dari 150 santri, Sebagai pondok pesantren yang terbilang baru, Salah satu cara yang coba diterapkan di Pondok Pesantren As-Salamah Lirboyo adalah metode belajar yang termuat dalam kitab minhajul muta’alim karya al-Ghazali. Berdasarkan uraian di atas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pembelajaran kitab Minhajul Muta’allim di Pondok Pesantren As-Salamah Lirboyo Kediri? (2) Bagaimana Implementasi Konsep Pendidikan Islam dalam kitab Minhajul Muta’allim di pondok Pesantren As-Salamah ? Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderumg menggunakan analisis. Adapun data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data yang bersumber dari Pondok Pesantren As-Salamah Lirboyo Kediri. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Pembelajaran kitab Minhajul Muta’allim di Pondok Pesantren As-Salamah Lirboyo Kediri, dilakukan dengan metode Bandongan dengan praktik guru membaca, menjelaskan dan menerjemahkan isi kitab serta kemudian santri memaknai. Para guru yang mengajar kitab ini juga telah memiliki rencana batas materi yang disampaikan dan mereka juga telah melakukan persiapan untuk kegiatan pembelajaran tersebut. 2) IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM dalam kitab Minhajul Muta’allim di pondok Pesantren As-Salamah dilakukan dengan cara membuat program pendidikan Al-Qur’an secara bi an-Nadzri (membaca) dan bi al-hifdzi (hafalan) yang diparktikan dengan cara setoran dan tartilan setelah sholat berjamaah serta mendidik santri untuk berakhlakul karimah dan dipraktikan langsung dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 208 Sumber-sumber umum agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.Pd M. Syahrizal Niqie |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:03 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:03 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1743 |
Actions (login required)
View Item |