Setiawan, Iwan Dwi (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI E-LEARNING MADRASAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 3 NGANJUK. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
TESIS_IWAN_diapload.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
SETIAWAN, IWAN DWI, 2023: Efektivitas Pembelajaran Model Blended Learning Berbasis Aplikasi E-Learning Madrasah Pada Mata Pelajaran Akidah akhlak Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MTsN 3 Nganjuk, Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Badrus, M. Pd.I, Dr. H. Ahmad Fauzi, Lc, MHI. Kata Kunci: Blended Learning, Aplikasi E-learning Madrasah, Hasil Belajar Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menjadi peluang tersendiri dalam pengembangan pembelajaran. Pola pembelajaran konvensional kurang efektif lagi dalam peningkatan hasil belajar peserta didik. Maka penting untuk diterapkan integrasi teknologi dalam pembelajaran, baik sebagai media pembelajaran maupun sumber belajar, dalam sistem pembelajaran blended learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model blended learning berbasis aplikasi e-learning madrasah terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada pelajaran akidah akhlak, dan peningkatan dari hasil belajar kognitif peserta didik pada pelajaran akidah akhlak setelah diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model blended learning berbasis aplikasi e-learning madrasah. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel yang diambil yaitu dua kelas VIII MTsN 3 Nganjuk masing - masing dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 20 dalam menguji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pembelajaran Model Blended Learning berbasis aplikasi e-learning madrasah efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada taraf signifikansi 5% yang dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 38.085 > 2.048. (2) Adanya peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai postest sebesar 22,76% dari rata–rata 65,93 menjadi 88,69. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan secara baik.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | M. Pd Pascasarjana Tribakti |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 02:55 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:55 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1715 |
Actions (login required)
View Item |