PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENURUT TINJAUAN TEORI HUMANISTIK

siti, Nabela Gholib (2023) PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENURUT TINJAUAN TEORI HUMANISTIK. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER TESIS.pdf

Download (306kB)
[img] Text
REVISI TESIS SITI NABELA GHOLIB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NABELA SITI. 2023: Pembelajaran Al Qur’an pada Anak Berkebutuhan Khusus Menurut Tinjauan Teori Humanistik (Studi Kasus di MTs Miftahul Huda Silir,Kec.Wates,Kab. Kediri), Pendidikan Agama Islam Tribakti (PAI), Program Pasca Sarjana Universitas Islam Kediri, Dosen Pembimbing Dr.Hj. Sri Susanti Tjahja Dini,M.Pd.I, Dr. KH. Ali Imron, M. Fil. I. Kata Kunci :Pembelajaran Al Qur’an Pada ABK Membaca Alqur’an yang baik dan benar telah menjadi persoalan yang wajib bagi setiap umat Islam, karena kesalahan dalam membaca Alqur’an dapat merubah makna Alqur’an. Mengingat betapa pentingnya ilmu tersebut untuk kaum muslimin, serta rasa empati terhadap anak berkebutuhan khusus yang juga harus mempelajarinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitin sebagai berikut : (1) Bagaimana kurikulum pembelajaran Al-Qur’an pada abk di sekolah MTS Miftahul Huda Silir, Kediri, (2) Bagaimana implementasi teori humanistik pada abk di sekolah MTS Miftahul Huda Silir, Kediri. Peneliti ini menggunakan kerangka teori Humanistik Carl Rogers yang mengatakan bahwa kecenderungan aktualisasi sebagai motivasi yang bertujuan memaksimalkan pengembangkan berbagai potensi yang dimiliki seorang individu. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasil temuan penelitian berupa: (1) Kurikulum pembelajaran Al Qur’an pada ABK di MTs Miftahul Huda Silir, Kediri sebagai berikut : a) Perencanaan Pembelajaran Al Qur’an pada ABK di MTs Miftahul Huda Silir, mencakup : Silaus dan Materi pembelajaran. b) Pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an pada ABK di MTs Miftahul Huda Silir, mencakup : pembiaaan sholat duha berjama’ah, pembacaan do’a-do’a pendek, mengafal niat wudu dan sholat, gerakan solat, praktek wudu’dan mengaji Iqra’. (2) Implementasi Teori Humanistik pembelajaran Al Qur’an pada ABK di MTs Miftahul Huda Silir, kediri, sebagai berikut : a) Pendekatan Teori Humanistik Carl Roger pada pembelajaran Al Qur’an pada ABK di MTs Miftahul Huda Silir, mencakup : mengadakan auting class , mengadakan pondok Romadhon, mengadakan bazar. b) Evaliasi kurikulum pembelajaran Al Qur’an pada ABK di MTs Miftahul Huda Silir, mencakup : Menilai sikap sehari-hari siswa, menilai hasil ujian persemester.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:28
Last Modified: 22 Aug 2024 03:28
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1685

Actions (login required)

View Item View Item