IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PAKET C PKBM AR-RAHMAN DERMO

Nur Rahman Haki, Arif (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PAKET C PKBM AR-RAHMAN DERMO. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PAKET C PKBM AR RAHMAN DERMO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Arif Nurrahman Hakim, 2023 : Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Paket C PKBM Ar Rahman Dermo dengan Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Teori Carl Rogers dan Hilda Taba Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Paket C PKBM Ar-Rahman, Metode Penelitian Kualitatif, Teori Carl Rogers, Teori Hilda Taba, Pendidikan merupakan pijakan utama dalam memajukan individu dan masyarakat, yang memegang peranan penting dalam mengembangkan potensi serta meningkatkan kualitas hidup manusia. Konsep Kurikulum Merdeka telah menjelma sebagai paradigma baru dalam proses pendidikan, memberikan siswa kebebasan untuk aktif berperan dalam merancang serta mengarahkan pembelajaran sesuai dengan minat dan bakat pribadi. Penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada konteks Pendidikan Kesetaraan muncul sebagai fenomena menarik yang perlu diungkap lebih mendalam. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Kesetaraan? (2) Bagaimana Pembelajaran PAI dalam Pendidikan Kesetaraan? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Kesetaraan, (2) Untuk mengetahui pembelajaran PAI dalam Pendidikan Kesetaraan Penelitian ini menggunakann metode penelitian kualitatif untuk menggali pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengalaman siswa dan pendidik dalam menerapkan pendekatan Kurikulum Merdeka. Selain itu, dua teori pendidikan utama, yaitu teori Carl Rogers dan Hilda Taba, digunakan sebagai landasan dalam menganalisis implementasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Kesetaraan menunjukkan ciri khas yang unik. Prinsip-prinsip dari teori Carl Rogers, seperti penerimaan, empati, dan kemandirian siswa, tercermin dalam hubungan yang lebih inklusif antara siswa dan pendidik. Di sisi lain, pendekatan analitis serta desain kurikulum ala teori Hilda Taba memberikan kerangka yang membantu pengembangan pembelajaran yang lebih terstruktur. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Diantaranya adalah perlunya pengembangan kompetensi pendidik dalam merancang pembelajaran yang mendukung kemandirian siswa, serta perlunya pemahaman yang lebih mendalam dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip teori Carl Rogers dan Hilda Taba dengan konteks Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 201 Mitos keagamaan dan teologi sosial
200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
200 – Agama > 200 Agama > 206 Pemimpin dan organisasi keagamaan
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
200 – Agama > 200 Agama > 208 Sumber-sumber umum agama
200 – Agama > 200 Agama > 209 Sekte dan gerakan reformasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:10
Last Modified: 15 Aug 2024 04:10
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item View Item