Sulyani, Binti (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RASA TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI MI PSM I KATERBAN (Studi Kasus Peserta Didik MI PSM I Katerban). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
Thesis Sulyani.pdf Download (1MB) |
Abstract
SULYANI, BINTI. 2023: Implementasi Pendidikan Karakter Rasa Tanggung Jawab Peserta Didik Melalui Kegiatan Pramuka Di MI PSM I Katerban Kec. Baron Kab. Nganjuk, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program Pascasarjana Universitas Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr. Nasrul Syarif, M.Si. Dr. Moh.Irmawan Jauhari, S.Th.I, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab Perkembangan zaman ke arah era globalisasi, nilai-nilai tanggung jawab semakin memudar. Tata tertib sekolah seolah-olah hanya sebagai simbol tertulis dan kekuatannya lemah untuk mengatur kehidupan sekolah. Kepatuhan yang tumbuh di kalangan siswa hanya sebuah keterpaksaan karena takut hukuman bukan karena kesadaran. Rasa tanggung jawab dapat mendorong mereka belajar secara konkret dalam praktik di sekolah tentang hal-hal yang lurus dan benar serta menjauhi hal-hal negatif. Untuk mengembangkan rasa tanggung jawab sepertinya tidak cukup hanya mengandalkan di kelas saja. Oleh karenanya harus ada program pendamping untuk mencapainya. Atas dasar latar belakang diatas, pertanyaan penelitian berikut; 1) Bagaimana strategi pendidikan karakter rasa tanggungjawab pada peserta didik ? 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter rasa tanggung jawab peserta didik ? 3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter Rasa Tanggung Jawab Peserta didik ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi, Pelaksanaan, dan Evaluasi Pendidikan Karakter Rasa Tanggung Jawab Peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis peelitiannya adalah studikasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : observasi, wawancara,dan dokumentasi. Adapun sumber data adalah kepala madrasah, guru, dan pesertadidik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan tigaa lur kegiatan, yakni: Kondensasi data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan dan pengujian keabsahan data. Hasil penelitian, yaitu; 1) Guna mengimplementasikan penddikan karakter rasa tangung jawab, guru dan pembina pramuka menggunakan strategi ekspositori atau sama halnya dengan konsep pembelajaran Ki hadjar Dewantara yaitu “ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”. Strategi pembiasaan dan pelibatan orang lain termasuk orang tua juga di gunakan dalam pengimplementasian pendidikan karakter rasa tanggung jawab. 2) Implementasi pendidikan karakter rasa tanggung jawab dilaksanakan melalui kegiatan pramuka. Selain guru pemberian Reward kepada peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, pembina pramuka juga ikut andil dalam pembentukan karakter rasa tanggung jawab peserta didik. pembina pramuka juga melibatkan orang tua untuk mendukung anaknya supaya aktif mengikuti kegiatan pramuka. Kegiatan pramuka merupakan cara efektif untuk mengembngkan karakter rasa tanggung jawab peserta didik. 3) Evaluasi pendidikan karakter rasa tanggung jawab peserta didik dimulai dari seorang guru harus memiliki kreatifitas tinggi untuk mengembangkan bahan ajar supaya tidak terkesan membosankan. Selain itu pembina pramuka harus selalu melakukan pembaharuan keilmuan agar tetap maju dan berkembang. Kesadaran rasa tanggung jawab peserta didik juga perlu ditingkatkan, baik di lingkungan sekolah maupun keluarga dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | M. Pd Pascasarjana Tribakti |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 04:09 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 04:09 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1667 |
Actions (login required)
View Item |