Suliyatun, Kiki (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDEKATAN TEORI PROGRESIVISME JOHN DEWEY (Studi di Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbulloh). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
TESIS KIKI BAB I-VI 2023 WORD.pdf Download (1MB) |
Abstract
Implementasi kurikulum merupakan upaya pelaksanaan yang dirancang dan didesain sesuai aturan untuk mencapai tujuan dari pendidikan. Adanya implementasi kurikulum, proses penerapan dalam belajar menjadi teratur, salah satunya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Peneliti menggunakan kerangka teori Progresivisme John Dewey yang mengatakan proses pembelajaran berpusat pada peserta didik, pembelajaran yang bukan otoriter, akan tetapi menekan pada kreativitas, aktif, pengalaman peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian berikut: (1) Bagaimana perencanaan kurikulum dan pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam pendekatan teori Progresivisme John Dewey di Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbulloh? (2) Bagaimana strategi pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran Agama Islam dalam pendekatan teori Progresivisme John Dewey di Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbulloh? (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran Agama Islam dalam pendekatan teori Progresivisme John Dewey di Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbulloh? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif , jenis pendekatan yang dilakukan yakni pendekatan desktiptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum dan pembelajaran agama Islam menggunakan kurikulum Nasional dan kurikulum Pesantren, sementara itu pembelajaran pendidikan agama Islam penerapannya melalui rancangan kurikulum yang diatur dalam KMA 183 tahun 2019, melihat kondisi madrasah ini berada di lingkungan pesantren ada beberapa mata pelajaran yang ditambahkan matan lokal seperti BMK, Nahwu Shorof dan Bahasa Asing. 2) Strategi pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran Agama Islam menggunakan berbagai strategi yaitu direct learning (pembelajaran langsung), indirect learning (pembelajaran tidak langsung), serta strategi pembelajaran diluar ruangan kelas seperti memanfaatkan lingkungan sekitar, dan memanfaatkan teknologi pembelajaran. 3) Evaluasi pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran Agama Islam dilakukan di akhir setiap periode dengan pimpinan atasan, kemudian untuk evaluasi pembelajaran sendiri dilakukan ujian harian, dan ujian akhir tahun.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | M. Pd Pascasarjana Tribakti |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 04:09 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 04:09 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1666 |
Actions (login required)
View Item |