PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Kelas 1 MI Unggulan Miftahul Huda Gampengrejo Kediri)

Setiyorini, Dwi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Kelas 1 MI Unggulan Miftahul Huda Gampengrejo Kediri). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Thesis Dwi Setyo Rini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SETIYORINI, DWI. 2023 : Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Augmented Reality untuk peserta didik kelas I di MI Unggulan Miftahul Huda Gampengrejo Kediri, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program Pascasarjana UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Badrus, M.Pd.I dan Dr. Diana Nur Sholihah, M.Pd.I Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Augmented Reality. Media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi seperti augmented reality di era sekarang menjadi faktor yang menjanjikan dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran. Sekarang, guru harus memahami kemajuan teknologi agar tidak tertinggal informasi dari peserta didik. Guru harus mampu memerankan diri sebagai fasilitator bagi pesrta didik, khususnya dalam pemanfaatan berbagai sumber belajar agar kegiatan belajar mengajar lebih efektif, efisien dan tidak monoton. Hasil dari penelitian sebelumnya bahwa banyaknya peserta didik yang masih kesulitan dalam menghafalkan kosa kata dan banyak juga yang masih bingung dalam penentuan dhamir pada sebuah kalimat dikarenakan belum memiliki metode yang pas dalam menyampaikan pembelajaran. peserta didik untuk tetap menyukai mata pelajaran Bahasa Arab. Media Pembelajaran berbasis augmented reality merupakan sebuah media yang berbentuk aplikasi dengan menggabungkan dunia nyata dan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan desain model Media Pembelajaran Bahasa Arab berbasis augmented reality untuk peserta didik Madrasah Ibtidaiyah kelas I, (2) Untuk menjelaskan kelayakan Media Pembelajaran Bahasa Arab berbasis augmented reality untuk peserta didik Madrasah Ibtidaiyah kelas 1 (3) Untuk menjelaskan keefektifan Media Pembelajaran Bahasa Arab berbasis augmented reality untuk peserta didik Madrasah Ibtidaiyah kelas 1. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Researc and Development (R&D) hasil adaptasi dari ADDIE yang memiliki kepanjangan analyze, design, development, implementation, dan evaluation dengan jenis penelitian menghasilkan sebuah produk media pembelajaran dalam bentuk aplikasi shoftware aplikasi bernama Al Mufrodat AR. Hasil penelitian dan pengembangan pada penelitian ini yaitu (1) Produk berupa media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan menggunakan tiga dimensi pada medianya. (2) kelayakan produk dan materi yang mendapatkan rata-rata 91,3 % yang dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan di lapangan. (3) hasil efektifitas dengan nilai rata-rata hasil post test dan pre test peserta didik. Peserta didik yang belajar menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality memiliki nilai rata-rata 77,04, sementara peserta didik yang menggunakan media konvensional memiliki nilai rata-rata 52,28.. Hal ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran Al Mufrodat AR. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada kelas I di MI Unggulan Miftahul Huda Gampengrejo Kediri.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:08
Last Modified: 15 Aug 2024 04:08
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1664

Actions (login required)

View Item View Item