Fuaddah, Fitria Alvi Laili (2023) Metode tartilan sebagai upaya meningkatkan penguasaan bacaan Al-Quran di Pondok Pesantren Putri Tahfidzil Qur’an Lirboyo Kediri Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
cover dkk (1).pdf Download (150kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING (2).pdf Download (184kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN (2).pdf Download (226kB) |
|
Text
LEMBAR PERSEBAHAN.pdf Download (162kB) |
|
Text
lembar motto (2).pdf Download (127kB) |
|
Text
DAFTAR ISI (2).pdf Download (131kB) |
|
Text
ABSTRAK (2).pdf Download (578kB) |
|
Text
BAB I (1).pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II (3).pdf Download (704kB) |
|
Text
BAB III (2).pdf Download (546kB) |
|
Text
BAB IV (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V (2).pdf Download (524kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (602kB) |
|
Text
LEMBAR KEASLIAN (1).pdf Download (164kB) |
Abstract
Kemampuan membaca al-Qur’an yang baik dan benar memerlukan tahapan-tahapan tertentu, yaitu tahap kemampuan melafalkan huruf-huruf dengan baik dan benar, sesuai dengan makhroj dan sifatnya. Di berbagai pondok pesantren, berbagai metode dijadikan upaya dalam meningkatkan kemampuan peserta didiknya dalam membaca al-qur’an. Salah satunya adalah metode tartil. Metode tartil adalah suatu cara untuk belajar membaca al-Qur'an dengan pelan dan teratur dengan memperhatikan makharij al-huruf , bersuara jelas, sesuai dengan kaidah tajwid. Hukum mempelajari ilmu tajwid secara teori adalah fardhu kifayah tetapi hukum membaca al- Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid adalah fardhu ‘ain. Oleh karenanya penting kiranya kita meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an yang sesuai dengan ilmu tajwid agar terhindar dari kesalahan dalam membaca al-Qur’an. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan menggunakan penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskripstif kualitatif. Pelaksanaan penelitian di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kota Kediri. Hasil dari penerapan metode tartil pada santri Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an yaitu 1) santri mampu menerapkan bacaan Al-Qur’an sesuai dengan makhroj dan sifat-sifat huruf hijaiyyah berdasarkan dengan buku pedoman fashahatul huruf yang merupakan buku pedoman yang digunakan oleh santri di pondok tersebut serta mampu menerapkan hukum bacaan sesuai ilmu tajwid, 2) santri mampu membaca Al-Qur’an dengan tempo dan intonasi yang stabil sesuai dengan arahan dari ustadzah selaku penyimak Al-Qur’an, hal tersebut dapat diketahui dengan cara santri membaca didepan atau dihadapan ustadzah penyimak atau dengan membaca dengan musyafahah (tatap muka).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.Pd M. Syahrizal Niqie |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:03 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:03 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1642 |
Actions (login required)
View Item |