anwar, mukhammad sofi nuril (2023) IMPLEMENTASI TA’ZIRAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MADRASAH DINIYAH HAJI YA’QUB LIRBOYO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, universitas islam tribakti lirboyo kediri.
Text
cover dkk.pdf Download (960kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (406kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (857kB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (329kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
bab 5.pdf Download (127kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (255kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini ingin memotret Implementasi Ta’ziran Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Di Madrasah Diniyah Haji Ya’qub Lirboyo Kota Kediri yang dilatar belakangi oleh rendah nya semangat siswa dalam menaati tata tertib madrasah. Sehingga perlu adanya penerapan ta’ziran khusus dari guru, dalam menerapkan strateginya seorang guru pasti mengalami hambatan yang di dalamnya dapat mengganggu proses belajar. Fokus penelitian dalam dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Penerapan Ta’ziran Yang Ada Di Madrasah Diniyah Haji Ya’qub Lirboyo Kota Kediri. (2) Bagaimana Peranan Ta’ziran Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus untuk memperoleh informasi secara mendalam. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan mengguakan teknik purposif sampling yaitu penentuan informan terlebih dahu lu untuk menentukan data primer. Maka sumber data atau informannya adalah kepala sekolah, ustadz, (guru), pengurus santri dan santri Madrasah Diniyah Haji Ya’qub Lirboyo Kota Kediri. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yakni melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data lapangan penelitian ini menhasilkan temuan yang dapat disimpulkan bahwa:(1) penerapan ta'ziran yang di terapkan di madrasah diniyah haji ya’qub meliputi tindakan seperti berdiri jika terlambat masuk kelas, bersih-bersih kelas sebagai pemahaman hidup sehat, hukuman menulis nadzom untuk meningkatkan pemahaman, dan teguran sebagai peringatan untuk tidak mengulangi kesalahan. ada juga hukuman non-fisik berupa hafalan nadzom dan menyalin kitab.ada dua model hukuman yang diterapkan di madrasah diniyah haji ya’qub, yaitu hukuman fisik (misalnya membersihkan aula) dan hukuman non-fisik (seperti hafalan nadzom). Keduanya memiliki tujuan edukatif dan pembinaan karakter. (2) Peranan Ta’ziran Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Santri memiliki beberapa aspek yaitu yaitu dari 100% santri yang ada di madrasah diniyah haji ya’qub sekitar 75% siswa atau santri yang dapat meningkatkan kesadaran diri(self awernes), Pengaturan Diri (Self Control), motivasi diri, empati,dan keterampilan sosial(social skill) Kesimpulan tersebut didasarkan pada informasi yang telah disampaikan mengenai wawancara dengan saudari BHQ dan LBF, yang mengungkapkan kemampuan siswa dalam mengenali emosi diri, mengendalikan diri, memiliki motivasi diri, empati terhadap orang lain, dan keterampilan sosial. Namun, penting untuk dicatat bahwa kesimpulan ini spesifik untuk Madrasah Diniyah Haji Ya'qub Lirboyo di Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | asrofi nabawi |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:45 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:45 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1631 |
Actions (login required)
View Item |