Hija, Moh. Kamilul (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN MULTIKULTURALISME DI SMK PGRI 02 KOTA KEDIRI (Studi Kasus di Kelas XI SMK PGRI 02 Kota Kediri). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
tesis kamil s2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Moh. Kamilul Hija, 2023: Strategi Guru PAI Dalam Menanamkan Multikulturalisme Di SMK PGRI 02 Kota Kediri (Studi Kasus Di Kelas XI SMK PGRI 02 Kota Kediri), Pendidikan Agama Islam, Progam Pascasarjana UIT Lirboyo Kediri, Dosen pembimbing Dr. KH. Reza Ahmad Zahid, Lc, MA, Dr. H. Abbas Sofwan M.F., S.HI, LLM. Kata kunci: Strategi Guru, Multikulturalisme Negara Indonesia adalah negara yang memiliki keanekaragaman seperti: etnik, budaya, ras, bahasa, dan agama. Dengan kemajemukan yang dimilikinya juga mendatangkan masalah untuk terwujudnya keharmonisan dan kenyamanan beragama khususnya dalam menyikapi sebuah perbedaan, baik perbedaan agama ataupun mazhab. Dalam hal ini pendidikan agama dinilai gagal dalam menjalankan salah satu misinya, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang dapat menciptakan kerukunan dan kedamaian serta nilai Islam sebagai Rahmatan Lil`alamin. Salah satu faktor kegagalan pendidikan agama ini adalah kurangnya penanaman multikulturalisme dilembaga pendidikan. sehingga penanaman multikulturalisme ini tidak bisa ditawar lagi. Termasuk di lembaga pendidikan sekolah. Atas dasar latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian berikut (1) Apa prinsip-prinsip multikulturalisme yang di tanamkan di kelas XI SMK PGRI 02 Kota Kediri? (2) Bagaimana implementasi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan multikulturalisme di kelas XI SMK PGRI 02 Kota Kediri? (3) Bagaimana implikasi strategi Guru PAI menanamkan multikulturalisme di kelas XI SMK PGRI 02 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pemgumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara , observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti: teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, yaitu: (1) Penanaman muktikulturalisme di SMK PGRI 02 Kediri didasarkan pada beberapa prinsip, di antaranya yaitu: opennes (keterbukaan/kebebasan), unity in diversity (bersatu dalam perbedaan), tolerance (toleransi), dan Islam rahmatal Lil`alamin as a leader (Islam rahmatal Lil`alamin sebagai lider). (2) Implementasi guru PAI dalam menanamkan multikulturalisme dilaksanakan menggunakan kegiatan-kegiatan yang meliputi multicultural knowing yaitu pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Halaqoh Diniyah seperti Pondok Ramadan dan PHBI, pembelajaran PAI dan multicultural feeling yaitu, penanaman “rasa” multikultural dalam diri para siswa atau dalam istilah lain dikenal sebagai aspek afektif. (3) Implikasi penanaman multikulturalisme memberikan dampak positif, seperti: Salam Ketika Bertemu dengan Guru dan teman, Sikap Toleransi dan Tidak Rasis, Memberi Perlakuan Sama Terhadap Perbedaan Kemampuan dan Gender.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | M. Pd Pascasarjana Tribakti |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:51 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:51 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1627 |
Actions (login required)
View Item |