Khofifuddin, Khofifuddin (2023) strategi pembelajaran al-qur’an di pondok pesantren mambaul falah tambilung bawean gresik. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
TESIS KHOFIFUDDIN full.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran al-qur’an pada dasarnya merupakan sarana pembelajaran untuk mendidik anak-anak yang ahli qur’an, khususnya di kalangan pondok pesantren dan masyarakat umum. Pondok pesantren Mambaul Falah juga melakukan ikhtiar untuk menepis persepsi pembelajaran yang salah dari syariat islam, dengan berupaya menjaga bacaan al-qur’an serta mengenalkan para santri untuk lebih terarah dalam membaca al-qur’an yang sesuai dengan qaidah yang benar. Dari uraian diatas maka peneliti dapat memfokuskan masalah penelitian sebagai berikut; 1). Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran al-qur’an di Pondok Pesantren Mambaul Falah? 2). Bagaimana strategi penyampaian pembelajaran al-qur’an di Pondok Pesantren Mambaul Falah? 3). Bagaiamana strategi pengelolaaan pembelajaran al-qur’an di Pondok pesantren Mambaul Falah? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Ide penting dari penelitian lapangan adalah peneliti datang langsung ke lapangan dengan melakukan pengamatan suatu fenomena tentang suatu keadaan yang alamiah. Penelitian ini berusaha menggambarkan fenomena dari aspek kondisi alamiah, secara holistik, dan berusaha menemukan makna. Dalam hal ini peneliti akan mengamati, menggambarkan, dan menjelaskan strategi pembelajaran di Pondok Pesantren Mambaul Falah.Temuan-temuan tersebut akan dianalisis untuk merekonstruksi konsep yang didasarkan pada teori empiris yang telah dipaparkan pada landasan teoretik dan kajian pustaka pada bab II. Maka pisau analisis pada hasil temuan penelitian lapangan ini adalah: 1) Strategi yang digunakan di pondok pesantren Mambaul Falah Tambilung dalam pembelajaran Al-Qur’an ada dua macam, yaitu klasikal individual dan klasikal baca simak; 2) Faktor yang mempengaruhinya dari penggunaan strategi pembelajaran Al-qur’an adalah peran seorang guru dalam mengajarkan al-qur’an. Dari pemaparan yang telah dikaji oleh peneliti bahwasanya Pondok Pesantren Mambaul Falah memiliki strategi pembelajaran al-qur’an yang sesuai dengan teori strategi Zarkasyi yang mengatakan bahwa strategi pembelajaran al-qur’an ada tiga, yaitu sistem sorogan, klasikal individu, dan klasikal baca Simak
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | M. Pd Pascasarjana Tribakti |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 03:05 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 03:05 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1626 |
Actions (login required)
View Item |