Maslamah, Umi (2021) Penerapan Pembiasaan Hafalan Surat-Surat Pendek Untuk Meningkatkan Kualitas Kesiapan Belajar Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia Dni Di Paud Al Mubarok. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI KEDIRI.
Text
Cover.pdf Download (712kB) |
|
Text
DAFAR ISI watermark.pdf Download (526kB) |
|
Text
ABSTRAK watermark.pdf Download (226kB) |
|
Text
BAB I -watermark.pdf Download (922kB) |
|
Text
BAB II -watermark.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III -watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) |
|
Text
BAB IV- watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V- watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA- watermark.pdf Download (481kB) |
Abstract
(Kata Kunci : Program Pembiasaan, Pembelajaran pada Anak Usia Dini) Lembaga pendidikan formal merupakan proses penyaluran informasi dan proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik. Tugas guru tidak hanya menyampaikan informasi kepada peserta didik, tetapi harus menjadi fasilitator yang bertugas memberikan kemudahan belajar kepada seluruh peserta didik, Untuk mampu melakukan proses pembelajaran, guru harus mampu menyiapkan proses pembelajaran. Salah satunya melalui penerapan pembiasaan dalam pembelajaran. Penelitian ini merumuskan masalah yaitu bagaimana penerapan metode pembiasaan hafalan surat-surat pendek untuk meningkatkan hasil kualitas kesiapan belajar, Faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat peranan metode pembiasaan hafalan surat-surat pendek dalam meningkatkan hasil belajar pada anak usia dini di PAUD Al Mubarok. Tujuan penelitan ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang implementasi program pembiasaan dalam pembelajaran pada anak usia dini di PAUD Al Mubarok kec. prambon. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya anak yang kurang fokus dan kurang bersemangat dalam mengimplementasikan program pembiasaan dalam pembelajaran pada anak usia dini serta kurang memperhatikan dan mengimplementasikan program pembiasaan dalam pembelajaran pada anak usia dini baik di sekolah ataupun di rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan orang tua anak. Teknik analisis data. Hasil penelitiaan ini mengungkapkan beberapa temuan yaitu :1) Upaya dan strategi dalam meningkatkan implementasi program pembiasaan dalam pembelajaran pada anak usia dini di PAUD Al Mubarok sudah diimplementasikan dengan baik. Namun, kurang adanya komunikasi antara guru dengan orang tua anak dalam mengimplementasikan program pembiasaan dalam pembelajaran yang disampaikan kepada orang tua untuk membiasakan dan mendampingi anak belajar setiap hari di rumah. Strategi pembiasaan guru dalam mengimplementasikan program pembiasaan dalam pembelajaran pada anak usia dini di PAUD Al Mubarok kec. prambon sejauh ini sudah cukup efektif dan dalam menyampaikan perkembangan secara lisan kepada orang tua dalam setiap harinya sudah diterapkan serta penataan ruangan yang menarik sehingga anak tidak akan merasa bosan dan jenuh dalam belajar membaca Al Qur’an, 2) Faktor pendukung seperti motivasi yang diimplementasikan guru, sarana pembelajaran buku Iqra’ memadai, kualitas guru dan kuantitas guru sesuai dengan pembelajaran membaca Al Qur’an. Faktor penghambat yaitu orang tua dan lingkungan sekitar kelas kepada anak masih sangat kurang dan perlu ditingkatkan lagi agar anak bisa fokus dan lebih semangat. Kurang diimplementasikannya pembiasaan disiplin waktu ketika datang ke sekolah sehingga menjadi faktor penghambat bagi perkembangan dan pembelajaran anak dalam program pembiasaan pembelajaran pada anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Umi Maslamah |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:13 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/162 |
Actions (login required)
View Item |