PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGGALI INFORMASI SEBUAH TEKS MELALUI MODEL COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN TEKNIK CATAT KUNCI PADA SISWA KELAS III MIN 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nur Huda, Muhammad Nur Huda (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGGALI INFORMASI SEBUAH TEKS MELALUI MODEL COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN TEKNIK CATAT KUNCI PADA SISWA KELAS III MIN 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Skipsi Muhammad Nur Huda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nur Huda, Muhammad. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menggali Informasi Sebuah Teks Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Teknik Catat Kata Kunci Pada Siswa Kelas III MIN 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah (PGMI), Tarbiyah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing: Drs. Miftahuddin, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), teknik catat kata kunci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan teknik catat kata kunci dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menggali informasi sebuah teks kelas III MIN 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIN 1 Kota Kediri. Dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 13 siswa laiki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar soal tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan teknik catat kata kunci dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menggali informasi sebuah teks siswa kelas III MIN 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2022/2023. siklus III hasil belajar siswa meningkat dari setiap siklusnya. Pada tahap pra siklus sampai siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan 13,4%. Sedangkan pada siklus I sampai siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 20%. Lalu dari siklus II sampai siklus III mengalami peningkatan sebanyak 36,6%. Dari 30 siswa, pada pra siklus terdapat 5 siswa (16,6%) yang tuntas belajar, 25 siswa (83,3%) tidak tuntas belajar. Siklus I terdapat 9 siswa (30%) yang tuntas belajar, 21 siswa (70%) tidak tuntas belajar. Siklus II terdapat 15 siswa (50%) yang tuntas belajar, 15 siswa (50%). Siklus III terdapat 26 siswa (86,6) yang tuntas belajar, 6 siswa yang tidak tuntas belajar. Hal tersebut membuktikan bahwa dari tahap pra siklus hingga siklus III hasil belajar siswa meningkat dari setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Huda Muhammad Nur Huda Huda
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:32
Last Modified: 15 Aug 2024 03:32
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item