Indriyani Tri Barokah, Indri (2023) Efektivitas Media Audio Visual Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
Text
COVER 1.pdf Download (849kB) |
|
Text
ISI 1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Abstrak BAROKAH, INDRIYANI TRI. 2023: Efektivitas Media Audio Visual Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Raudlatut Thalabah Kolak Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Mohammad Auza’i Aqib, M.Pd. Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Media audio visual adalah alat yang diproduksi dan digunakan untuk berkomunikasi dalam proses belajar mengajar, proses penerangan serta penyuluhan yang dapat didengar dan dilihat. Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Dengan demikian, anak didik lebih mudah mencerna bahan daripada tanpa bantuan media. Dari penjelasan tersebut dapat diketahui fokus penelitian sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Kediri, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Kediri setelah menggunakan media audio visual, 3) Untuk mengetahui efektivitas media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Kediri. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C MTs Raudlatut Thalabah. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah non random sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara signifikan terdapat pengaruh positif antara penggunaan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, hal ini dapat terlihat dari hasil hipotesis penggunaan media audio visual yang ternyata T hitung lebih besar dibandingkan T tabel (9,499 > 1,717), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Secara signifikan, penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Nurul Atikoh |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:30 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:30 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1601 |
Actions (login required)
View Item |