Upaya Guru dalam Pembelajaran PAI Bagi Pentandang Tunarungu di SLB Putra Asis Kota Kediri

Putri, Titin (2023) Upaya Guru dalam Pembelajaran PAI Bagi Pentandang Tunarungu di SLB Putra Asis Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK-BAB 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PUTRI, TITIN. 2023 : Upaya Guru dalam Pembelajaran PAI bagi Penyandang Tunarungu di SLB-B Putera Asih Kot Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Tenika Illananingtyas, M.Pd. Kata Kunci: Upaya Guru, Pembelajaran PAI, Tunarungu. Pendidikan memiliki peranan dalam perkembangan manusia pada setiap aspek kepribadian serta kehidupan yang mana hal tersebut secara mutlak harus dipenuhi untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan dunia akhirat. Pendidikan agama Islam pada anak tunarungu hampir sama dengan pendidikan agama Islam untuk anak normal. Upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan pembelajaran bukan sekedar upaya yang tidak dipikirkan, melainkan upaya yang sudah dipikirkan secara mandalam sesuai dengan yang dibutuhkan oleh peserta didik. Fokus penelitian ini adalah untuk (1) Bagaimana peran guru dalam upaya pembelajaran PAI bagi penyandang tunarungu di SLB-b Putera Asih Kota Kediri? (2) Bagaimana proses dalam pembelajaran PAI bagi penyandang tunarungu di SLB-b Putera Asih Kota Kediri? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam pembelajaran PAI bagi penyandang tunarungu di SLB-b Putera Asih Kota Kediri?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian bertempat di SLB-B Putera Asih Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peran guru antara lain: Sebagai teladan, Sebagai perencana, Sebagai Penilai kemajuan siswa, sebagai pemimpin, sebagai petunjuk dalam memberikan sumber-sumber belajar. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran meliputi: (a) perencanaan tujuan pembelajaran, bahan ajar, proses pembelajaran, alat untuk mengukur apakah tujuan sudah tercapai. (b) Melaksanakan pembelajaran. (c) Evaluasi. (3) Faktor yang mempengaruhi belajar meliputi faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Nurul Atikoh
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:40
Last Modified: 14 Dec 2023 03:40
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item View Item