Farhana, Furi (2021) KEC. TANJUNGANOM NGANJUK PERANAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN IBADAH ANAK MUSLIM DI MI DAYA MUDA AL-ISLAM DSN. TAKAT DS. KAMPUNGBARU. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI KEDIRI.
Text
cover Skripsi.pdf Download (123kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (459kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (110kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
Abstract
FARHANA, FURI. 2021: Peranan keluarga dalam pendidikan ibadah anak muslim di MI Daya Muda Al-Islam Dsn. Takat Ds. Kampungbaru Kec. Tanjunganom Nganjuk, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Yasin Nur Falah, M.Pd.I Kata Kunci : Peranan keluarga, Pendidikan ibadah anak muslim Anak merupakan rahmat dari Allah SWT, kepada orang tuanya yang harus disyukuri, dididik dan dibina agar menjadi orang yang baik, beribadah yang kuat dan berakhlak terpuji, merupakan keinginan setiap keluarga terutama orang tua dan semua guru. Pendidikan yang didapatkannya dalam keluarga merupakan refleksi Seorang anak akan menjadi baik ataukah justru menjadi beban dalam masyarakat. Peran maksimal orang tua dalam keluarga akan dapat melahirkan generasi penerus yang lebih dari pada generasi kita pada saat ini. Pada jaman sekarang ini perubahan dan perkembangan nampak begitu cepat berlangsung dalam semua sektor kehidupan. Terutama yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan, selain berdampak positif di sisi lain juga berdampak negatif yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan akan menjadi masalah yang dihadapi keluarga saat ini. Maka dari itu kajian ini sangat dibutuhkan untuk mencari jawaban atas apa yang harus dilakukan keluarga dalam memberikan pendidikan agama pada anak terutama dalam hal beribadah. Dalam penelitian ini peneliti akan mengkaji tentang peranan keluarga dalam pendidikan ibadah anak dan bagaimana pengaruh keluarga dalam pendidikan ibadah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena memenuhi ciri-ciri penelitian kualitatif, yaitu: (1). Kondisi objek penelitian alamiah, (2). Penelitian sebagai instrumen utama, (3) Bersifat deskriptif, karena data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata bukan angka-angka, (4). Lebih mementingkan proses dari pada hasil, (5). Data yang terkumpul di olah secara mendalam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang ada, di samping itu penelitian deskriptif terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau dalam keadaan ataupun peristiwa sebagaimana adanya, sehingga bersifat sekedar mengungkapkan fakta (fact finding). Hasil penelitian yaitu orang tua siswa di Dsn. Takat Ds. Kampungbaru Kec. Tanjunganom Kab. Nganjuk khususnya orang tua siswa kelas V di MI Daya Muda Al-Islam rata rata memberikan pendidikan yang baik dalam hal beribadah, memberikan contoh dan memerintahkan anak untuk beribadah yang sesuai dengan tuntunan ajaran agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | S.Pd Rofida Amin N. Fida |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 02:17 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 02:17 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1548 |
Actions (login required)
View Item |