PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA DATA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN KELAS VI-A MI AGAMA ISLAM NGRONGGOT NGANJUK

Rohmah, Rofida (2021) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA DATA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN KELAS VI-A MI AGAMA ISLAM NGRONGGOT NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
Cover.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

ROHMAH, ROFIDA AMIN NUR. 2021: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Statistika Data Melalui Problem Based Learning Dengan Menggunakan Video Pembelajaran Kelas VI-A MI Agama Islam Ngronggot Nganjuk, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Drs. Miftahuddin, M.Pd. Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Problem Based Learning, Video Pembelajaran, Statistika Data Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran matematika yang masih didominasi oleh guru dan matematika adalah salah satu pelajaran yang sulit bagi peserta didik. Hal ini menyebabkan peserta didik menjadi pasif dan bosan. Sehingga tidak sesuai dengan hakikat pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan video pembelajaran dengan harapan menjadikan peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran, termotivasi melalui media yang digunakan dan memperoleh hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan kualitas guru menggunakan media pada pembelajaran Matematika materi Statistika Data melalui PBL dengan menggunakan video pembelajaran peserta didik kelas VI-A MI Agama Islam Ngronggot Nganjuk? (2) Bagaimana penerapan model PBL dengan menggunakan video pembelajaran dalam balajar Matematika materi Statistika Data dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VI-A MI Agama Islam Ngronggot Nganjuk? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dalam belajar Matematika materi Statistika Data melalui PBL dengan menggunakan video pembelajaran peserta didik Kelas VI-A MI Agama Islam Ngronggot Nganjuk? Penelitian ini menggunakan PTK dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI-A di MI Agama Islam Ngronggot. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kualitas guru dalam menggunakan video pembelajaran dalam mengajar sebesar 87,5% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Keaktifan peserta didik juga mengalami peningkatan sebesar 92 % pada siklus I menjadi 96 % pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar peserta didik pada siklus I dalam observasi mengalami peningkatan 84,6% menjadi 92,3% dan dalam hasil tes mengalami peningkatan dengan rata-rata dari 42,50 menjadi 82,50. Selanjutnya pada tindakan siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata dari 33,75 menjadi 86,25.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: S.Pd Rofida Amin N. Fida
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:18
Last Modified: 14 Dec 2023 02:18
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item