Jawahir, Suhaib (2022) PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KARAKTER SEKOLAH ALAM DI SEKOLAH ALAM SAKA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.
Text
skripsi suhaib jawahir.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK JAWAHIR, SUHAIB. 2022: Pengembangan Kurikulum Life SkillBerbasis Karakter di SMA Sekolah Alam Saka KEDIRI, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT KEDIRI. Kata Kunci: Kurikulum Berbasis Karakter, Sekolah Alam Pengembangan potensi sesuai dengan minat dan bakatnya sangatlah penting di era yang semakin modern ini, terlebih untuk jenjang SMA yang mana setelah mereka lulus akan menempati dan memilih jalan untuk masa depannya nanti, ada yang masuk di universitas negeri/swasta ataupun di dunia pekerjaan. Lembaga Sekolah Alam Saka Kediri hadir sebagai lembaga sekolahan yang memiliki fokus dalam optimalisasi potensi dan mengedepankan pendidikan karakter bagi siswa. SMA Saka menerapkan metode belajar sadar bakat dan potensi yaitu model pembelajaran yang menanamkan bahwa setiap siswa memiliki pola belajar yang unuk dan berbeda satu sama lain, sehingga setiap potensi siswa dapat dikembangkan dengan maksimal. Adapun tujuan adanya penelitian ini adalah: 1. Mengetahui bagaimana perencanaan kurikulum berbasis karakter di SMA Sekolah Alam Saka Kediri, 2. Mengetahui bagaimana implementasi kurikulum berbasis karakter di SMA Sekolah Alam Saka Kediri, 3. Mengetahui evaluasi kurikulum berbasis karakter di SMA Sekolah Alam Saka Kediri, dengan penjelasan sebagai berikut: Berdasarkan hasil penelitian SMA Sekolah Alam Saka Kediri dirancang dengan menggunakan kurikulum 2013 (K13) kemudian meremake kurikulum dari DIKNAS dengan kurikulum khas sekolah alam saka sendiri, yaitu 40% basic kurikulum untuk pembekalan studi lanjutan (mencakup materi pokok ujian masuk PTN/PTS dan menggunakan standar diknas dengan inovasi pendidikan karakter) dan 60% life-skill kurikulum (kurikulum kecakapan hidup) untuk pembekalan terjun kedunia profesional. Dalam implementasinya kurikulum di sekolah alam saka kediri sendiri lebih mengutamakan terjun ke lapangan sesuai dengan potensi minat dan bakatnya masing-masing namun dengan memperhatikan beberapa aspek penting antara lain: pengembangan akhlak, pengembangan logika, pengembangan jiwa pemimpin, dan pengembangan mental serta ketrampilan bisnis. Kemudian dalam evaluasi program kurikulum, sekolah alam saka kediri membiasakan untuk siswa maupun fasilitator melakukan evaluasi setiap selesai berkegiatan diharapkan tidak ada hal sekecil apapun yang tidak terevaluasi dan supaya tidak ada penumpukan evaluasi program. SMA sekolah alam saka kediri sendiri sama dalam hal penilaian siswa dalam raport (mata pelajaran pokok), namun juga mempunyai kriteria penilaian sendiri untuk peserta didiknya sesuai dengan talent mapping siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S. Pd Suhaib Jawahir |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:55 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:55 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1520 |
Actions (login required)
View Item |