Aqillatussa’adah, Fanni Nur (2023) Penerapan musyawarah dalam mewujudkan pemahaman kajian kitab Fathul Qorib pada siswi Madrasah Hidayatul Mubtadi-at Fittahfizhi Wal Qiro'at (MHMTQ) Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
COVER.pdf Download (113kB) |
|
Text
DAFTAR ISI (1).pdf Download (40kB) |
|
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (126kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (751kB) |
|
Text
BAB II edit.pdf Download (462kB) |
|
Text
BAB III (1).pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V (1).pdf Download (615kB) |
Abstract
Pada dasarnya, pembelajaran dan penyampaian kitab fathul qorib pada siswi di dalam kelas hanya berkutat pada satu metode saja. Mulamula pengajar membacakan isi kitab fathul qorib kemudian memberi makna jawa atau sering disebut dengan istilah ma’nani dan terakhir pengajar membacakan terjemah atau mengartikulasikan apa yang telah dibacakan dan disampaikan tadi. Semua siswi memperhatikan apa saja materi yang disampaikan oleh pengajar tanpa mempermasalahkan kejanggalan-kejanggalan yang mungkin saja terjadi saat proses menyerap materi. Namun bila hal tersebut terus terjadi dan tidak ditanggulangi, maka akan dapat menimbulkan salah penafsiran yang dikarenakan oleh pengajar yang monoton dalam menyampaikan materi. Sebaliknya, mungkin saja pengajar sudah bersikeras untuk mengubah sedemikian metode menyampaikan materi, akan tetapi siswi itu sendiri enggan untuk mewujudkan dalam diri rasa ingin tahu dan pemahaman yang seharusnya ada saat pengajar menyampaikan materi. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian yakni, 1) Bagaimana penerapan musyawarah dalam mewujudkan pemahaman Kajian Kitab Fathul Qorib terhadap siswi Madrasah Hidayatul Mubtadi-at Fittahfizhi Wal Qiro’at Lirboyo Kota Kediri?2) Bagaimana mewujudkan pemahaman kajian Kitab Fathul Qorib pada siswi Madrasah Hidayatul Mubtadi-at Fitahfizhi wal Qiro’at Lirboyo Kota Kediri? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan menggunakan penelitian lapangan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian di Madrasah Hidayatul Mubtadi-at Fittahfizhi wal Qiro’at Lirboyo kediri, pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil pemahaman yang terwujud dalam penggunaan metode musyawarah pada kajian Kitab Fathul Qorib yaitu 1) Siswi lebih mengetahui pengetahuan tentang kitab salaf, 2) Pemahaman siswi lebih meningkat, 3) Siswi dianggap lebih berpikir kritis, 4) Siswi tidak mudah menyalahkan orang lain, 5) Siswi lebih bisa memberikan solusi kepada siswi lain dalam suatu permasalahan. Pemahaman siswi terhadap kajian Kitab Fathul Qorib tidak dapat diukur, hal ini terjadi karena porsi kemampuan siswi dalam memahami berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.Pd M. Syahrizal Niqie |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 02:24 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 02:24 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1519 |
Actions (login required)
View Item |