Naimummaskub, M. Gholy (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS 5 DI MI RAUDLATUT THALABAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas IslamTribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (577kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (495kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (715kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (601kB) |
Abstract
Pembelajaran Aqidah Akhlak yang ada di madrasah saat ini tidak terlepas dari kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu memakai Kurikulum 2013. Kurikulum Pendidikan di Indonesia senantiasa berjalan dinamis. Implementasi Kurikulum 2013 saat ini bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia Pada tahun pelajaran 2022/2023 siswa kelas 5 MI Raudlatut Thalabah paling tidak hampir 8 tahun sudah diperkenalkan dan juga telah mempraktekkan proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 melalui pendekatan saintific dengan 5 langkah pembelajaran yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, menalar dan mengkomunikasikan. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut:(1) Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 di MI Raudlatut Thalabah ? (2) Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas 5 di MI Raudlatut Thalabah ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini berusaha melakukan penyelidikan mendalam dalam menelaah implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Raudlatut Thalabah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga cara yaitu : metode wawancara (Interview) , metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data kualitatif bersifat induktif dimana analisisnya didasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu. Hasil Penelitian dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas 5 di MI Raudlatut Thalabah telah melaksanakan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas 5 telah melakukan tiga hal : (1) Perencanaan pembelajaran dibuat dengan lengkap seperti Rincian Pekan Efektif (RPE), program tahunan (prota), program semester (promes), Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2). Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak kelas 5 di MI Raudlatut Thalabah dengan melakukan prosedur pembelajaran (a). Kegiatan awal dengan apersepsi (b). Kegiatan Inti Siswa mengamati - menanya – mengeksplorasi (mengumpulkan data)- mengasosiasi (menalar) dan mengkomunikasikan. (c). Kegiatan Akhir atau Penutup pemberikan tugas rumah, (3). Penilaian ranah kognitif dilakukan dengan 2 bentuk : 1) tes sumatif berupa: ulangan tengah semester, ulangan akhir semester 2). Tes formatif berupa Tes lisan dan Tanya jawab
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Gholy Maskub |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:57 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:57 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |