Ferninda Ayu, Dhita (2023) Peran ustadzah dalam membimbing akhlak santri Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur'an Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
COVER.pdf Download (77kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (58kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (123kB) |
|
Text
MOTTO dkk.pdf Download (104kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (489kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (577kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (649kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (589kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (481kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (54kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (365kB) |
Abstract
Pembelajaran ilmu akhlak merupakan pendidikan yang sangat dasar yang harus dipelajari oleh setiap orang untuk hidup bersosialisasi. Pembelajaran akhlak sangat di butuhkan terutama bagi anak-anak yang masih dasar, pembelajaran akhlak ini sangat berpengauh untuk kehidupan kedepannya,untuk menjadi generasi yang bijak sesuai dengan akhlak nabi dan rasulnya. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana peran ustadzah dalam membimbing akhlak santri Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an (PPTQ)? (2) Bagaimana proses pembimbingan akhlak santri PPTQ? (3) Bagaimana strategi ustadzah dalam membimbing akhlak santri PPTQ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran ustadzah dalam membimbing akhlak santri PPTQ (2) Untuk mengetahui proses pembimbingan akhlak santri PPTQ (3) Untuk mengetahui strategi ustadzah dalam membimbing akhlak santri PPTQ. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan penggalian datanya menggunakan metode interview, observasi, dokumentasi, sumber data yang diperoleh dari ketua pondok, dan asatidz di pondok tersebut. Analisis data yang digunakan yaitu kriteria kreadibilitas (derajat kepercayaan). Hasil penelitian, yaitu: (1) Peran ustadzah dalam membimbing akhlak yaitu mendidik, membina, mengarahkan, menilai, megevaluasi pesrta didik, terutama Pendidikan ilmu akhlak di pondok pesantren. (2) Proses pembimbingan akhlaknya di mulai dari mengenalkan dan mencontohkan adab-adab dasar yang biasanya dilakukan setiap harinya, kemudian di belajari kitab, selain itu juga dengan menggunakan metode ceramah dan metode memberi nasehat. (3) Strateginya yaitu dengan memberikan contoh keteladanan yang baik, Latihan dan pembiasaan, dengan mengambil pelajaran (ibrah) dalam kehidupan sehari-hari, dan dengan memberi nasihat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.Pd M. Syahrizal Niqie |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 04:25 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 04:25 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1384 |
Actions (login required)
View Item |