Implikasi pendidikan integral di pondok pesantren Haji Ya'qub Lirboyo kota Kediri

Sholeh, Abdurrahman (2023) Implikasi pendidikan integral di pondok pesantren Haji Ya'qub Lirboyo kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (814kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan integral merupakan salah satu konsep pendidikan yang memadukan antara kajian ilmu murni dengan disiplin ilmu agama. Sehingga, proses belajar mengajar dalam pendidikan integral selain menitikberatkan pada transformasi pengetahuan umum juga meliputi pengetahuan keagamaan. Maka dari itu, pendidikan integral adalah upaya mencari sintesa antara keilmuan umum dan keilmuan agama. Dengan bahasa lain, selain pengembangan disiplin antroposentrisme, semisal ekonomi, biologi, pendidikan integral juga dalam rangka transformasi nilai religious dalam proses belajar mengajar. Untuk memperjelas skripsi ini, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana implikasi pendidikan Integral di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kota Kediri? (2) Bagaimana hasil dari implikasi pendidikan Integral di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kota Kediri? Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, karena Pendekatan deskriptif analisis kerena tujuan dari penelitian ini adalah membuat deskripsi, gambaran secara sistematis tentang yang melatar belakangi keadaan sekarang dan interaksi lingkungan dari suatu unit sosial, individu, kelompok, lembaga atau masyarakat baik yang diperoleh dari data observasi, wawancara, maupun dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implikasi pendidikan integral di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri yaitu dengan mengadakan madrasah diniyyah sebagai wadah para santri untuk mendapatkan pengetahuan ilmu agama dengan memberikan materi yang ada pada kitab-kitab kuning klasik karangan ulama’ dahulu. Sedangkan untuk mendapatkan pengetahuan ilmu umum pihak pondok melegalkan para santri untuk bersekolah di lembaga-lembaga formal yang ada disekitar wilayah Kota Kediri. (2) Hasil dari implikasi pendidikan integral di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri yaitu untuk para santri yang bersekolah formal khususnya sekolah kejuruan, mereka memiliki bakat atau keterampilan tertentu. Sedangkan dalam segi akademik santri lebih berfikaran religious dan intelektual. Selain itu para santri lebih pintar mengola dan memanfaatkan waktu mereka dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Abdurrahman Sholeh
Date Deposited: 07 Oct 2023 04:53
Last Modified: 07 Oct 2023 04:53
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1291

Actions (login required)

View Item View Item