Pembelajaran fiqih melalui kegiatan lbm untuk meningkatkan berfikir santri studi kasus di ponpes putri al-mahrusiyah

Kusuma, Erika Dwi (2022) Pembelajaran fiqih melalui kegiatan lbm untuk meningkatkan berfikir santri studi kasus di ponpes putri al-mahrusiyah. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
skripsi full erika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan islam yang telah menyeluruh didunia, jadi tak heran jika pesantren menjadi kiblat dalam memecahkan permasalahan agama terlebih permasalahan fiqih. Pembelajaran fiqih yang selama ini diselenggarakan di lembaga pendidikan Islam dinilai belum mampu menghasilkan lulusan yang siap terjun di masyarakat untuk menyelesaikan persoalan dalam ranah fiqih yang muncul di tengah masyarakat. Salah satu penyebab dari permasalahan ini adalah proses pembelajaran yang tujuan instruksionalnya tidak mengarah pada pemecahan masalah. Model pembelajaran berbasis masalah bisa menjadi salah satu solusi terkait permasalahan pasifnya santri dalam merumuskan masalah. Dari uraian diatas, maka peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan Metode Pembelajaran Fiqih Berbasis Masalah melalui kegiatan LBM Di Pondok Pesantren putri Al-Mahrusiyah ? (2) Bagaimana implementasi penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pembelajaran fiqih melalui Kegiatan LBM Di Pondok Pesantren Putri Al-Mahrusiyah? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan mengunakan pendekatan penelitian pendekatan studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang didadapat melalui metode wawancara, metode observasi, metode human instrument, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Penerapan metode Pelajaran fiqih berbasis masalah dalam kegiatan LBM Al-Mahrusiyah diapresiasikan dengan adanya penyediaan soal dari pihak kepengurusan. Soal dibagikan satu minggu sebelum pembahasan guna siswi lebih siap dalam menjawab dan menyiapkan materi sesuai bab yang akan dibahas (2) Implementasi penggunaan Pelajaran fiqih berbasis masalah dalam kegiatan lembaga LBM Putri Al-Mahrusiyah yakni pembacaan kitab beserta murod oleh rois selanjutnya menyimpulkan materi bahasan kemudian peserta musyawaroh diperkenankan mengajukan pertanyaan tentang perbedaan murod yang dijawab langsung oleh rois, lalu peserta musyawaroh diperkenankan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pembahasan yang nantinya akan dijawab atau didiskusikan bersama, setelah itu pembahasan soal yang telah dibagikan oleh pihak kepengurusan lalu yang berakhir dengan evaluasi diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mohammad Rafli
Date Deposited: 24 Jun 2023 02:40
Last Modified: 24 Jun 2023 02:40
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1063

Actions (login required)

View Item View Item