Peran akhlak dalam meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo

Aufa, MA. Muiz (2021) Peran akhlak dalam meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1 Sampul Skripsi.pdf

Download (217kB)
[img] Text
4 Lembar pengesahan.pdf

Download (152kB)
[img] Text
5 Abstrak.pdf

Download (223kB)
[img] Text
6 Daftar Isi.pdf

Download (263kB)
[img] Text
7 Bab I.pdf

Download (833kB)
[img] Text
8 Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9 Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text
10 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
12 Daftar Pustaka.pdf

Download (463kB)
[img] Text
13 Lampiran.pdf

Download (780kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan terutama pendidikan di kalangan umat islam akhlak merupakan hal yang sangat penting karna berdasarkan temuan-temuan yang penulis temukan di lapangan yaitu di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo bahwa akhlak mempengaruhi prestasi siswa, penulis menemukan masalah tentang peran akhlak dalam meningkatkan prestasi serta nilai peserta didik di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran akhlak dalam meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo dan bagaimana prestasi siswa.. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan (field research) yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Penelitian ini bersifat deskriptif, penelitian yang berusaha menggambarkan objek sesuai apa adanya. Penelitian deskriptif pada umumnya dilakukan secara sistematis, fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif, yaitu berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus, kemudian dianalisis dan akhirnya ditemukan pemecahan persoalan yang bersifat umum. Berdasarkan penelitian diatas dapat diketahui bahwa pengaruh akhlak dalam meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri sangat signifikan dalam hal meningkatkan prestasi peserta didik. Hal ini, berdasarkan atas temuan yang ada dilapangan bahwasanya siswa yang cenderung memiliki akhlak baik lebih memperhatikan terhadap materi yang disampaikan guru pada saat prosesi belajar mengajar dan siswa yang memiliki akhlak kurang baik ataupun buruk cenderung kurang memperhatikan apa yang di sampaikan oleh guru. Sedangkan, ketika siswa kurang paham dengan materi yang disampaikan maka akan berpengaruh terhadap prestasi siswa. Dengan demikian dapat diketahui bahwa akhlak berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: MA. Muiz Aufa
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:19
Last Modified: 27 Dec 2022 04:19
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item