AL HAFIDH, SIHAB BUDIN (2022) IMPLEMENTASI METODE YANBU`A DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR`AN SANTRI DI KELAS VI-A MADRASAH IBTIDAIYYAH QUR`ANIYYAH ARRIYADL RINGINAGUNG. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
Sihab Sampul.pdf Download (215kB) |
|
Text
Sihab Keaslian.pdf Download (337kB) |
|
Text
Sihab Persetujuan.pdf Download (277kB) |
|
Text
Sihab TTD 3.pdf Download (423kB) |
|
Text
Sihab Abstrak.pdf Download (817kB) |
|
Text
Sihab BAB 1.pdf Download (330kB) |
|
Text
Sihab BAB 2.pdf Download (655kB) |
|
Text
Sihab BAB 3.pdf Download (460kB) |
|
Text
Sihab BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) |
|
Text
Sihab BAB 5.pdf Download (320kB) |
|
Text
Sihab Daftar Pustaka.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya Pendidikan dasar di SDN Manggis 4 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, anak didik masih belum mengetahui keagamaan secara mendasar, sehingga pengetahuan tentang agama masih minim, apalagi di Era Globalisasi sekarang ini pengaruh lingkungan pergaulan dan media elektronik sangat mencekam dan berdampak ke arah negatif. Jadi, anak akan meniru dan timbul pe rasaan keingintahuan dan dengan adanya hal tersebut, maka orang tua dan guru harus lebih memperhatikan, dan peran guru sangat penting untuk membentuk akhlak pada anak didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan :(1) Bagaimana Pendidikan akhlaq di SDN Manggis 4 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pendidikan akhlaq DI SDN Manggis 4 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SDN Manggis 4 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri . Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan peningkatan pendidikan Akhlaq Di SDN Manggis 4 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri?. (2) Untuk mengetahui apa saja pendukung dan kendala yang ada dalam pelaksanaan peningkatan pendidikan Akhlaq Di SDN Manggis 4 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu di analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data yang tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupa mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Adapun langkah-langkah analisis yang peneliti lakukan selama di lapangan adalah sebagai berikut: (1) Mereduksi atau merangkum data, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting. (2) Setelah data direduksi, maka langkah selanjutnya adalah mendisplaykan data, sehingga data dapat terorganisasikan dan dapat semakin mudah dipahami. (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan awal yang ditemukan masih bersifat sementara dan akan berubah bila tidak ditemukan bukti-bukti yang kuat mendukung pada tahap pengumpulan data berikutnya. Setelah penulis melakukan penelitian dengan beberapa metode meperoleh hasil yaitu:(1) Pendidikan yang digunakan guru Agama Islam untuk meningkatkan akhlakul karimah siswa di SDN Manggis 4 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri dalam proses belajar mengajar menggunakan metode campuran yaitu berupa metode keteladanan, metode nasehat dan melalui pembiasaan yang dengan melakukan kegiatan-kegiatan rutin selalu memberikan contoh yang baik, memberikan gambaran tentang berbakti kepada orang tua dan guru, membiasakan menggunakan ucapan-ucapan yang terpuji dan sopan santun. (2) Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di SDN Manggis 4 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri antara lain bimbingan Hafalan Surat-Surat Pendek, dan Do’a-Do’a, Sholat Dluha Berjama’ah, Sholat Dzuhur Berjama’ah, yang kesemuanya itu bertujuan membina siswa supaya berakhlakul karimah. Dalam hal Akhlak, akhlak siswa terhadap Allah SWT, akhlak terhadap sesama, (3) faktor pendukung dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa yaitu: adapun faktor pendukung yang dihadapi tersebut adalah adanya fasilitas yang mendukung dan adanya program wajib madrasah. Adapun faktor penghambatnya adalah kurang adanya kesadaran anak didik dan juga faktor lingkungan sekolah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | SIHAB BUDIN AL HAFIDH |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:33 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:33 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1039 |
Actions (login required)
View Item |