Strategi pemasaran produk simpanan BMT UGT Nusantara cabang Kota Kediri dalam meningkatkan jumlah anggota perspektif teori pemasaran

Ghofur, Abdul (2023) Strategi pemasaran produk simpanan BMT UGT Nusantara cabang Kota Kediri dalam meningkatkan jumlah anggota perspektif teori pemasaran. Undergraduate (S1) thesis, Institut agama Islam tribakti.

[img] Text
AWAL SAMPAI AKHIR FIX watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kemunculan BMT sebagai organisasi yang relatif baru menimbulkan tantangan besar bagi BMT sendiri karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan lembaga keuangan non syariah. Banyaknya lembaga keuangan syari’ah menjadikan posisi BMT harus mampu bersaing secara kompetitif yang memiliki karakter tersendiri dalam bersaing terutama dengan lembaga keuangan maupun bank syari’ah ataupun konvensional yang sudah mempunyai nama di bidang keuangan, sumber daya manusia (SDM) dan produk yang berkualitas. Maka dari itulah, peneliti tertarik untuk mengambil judul Strategi Pemasaran produk simpanan BMT UGT Nusantara cabang Kota Kediri dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Perspektif Teori Pemasaran. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui strategi pemasaran produk yang dilakukan BMT UGT Nusantara cabang kota Kediri dalam meningkatkan jumlah anggota. 2). Untuk mengetahui strategi pemasaran produk yang dilakukan BMT UGT Nusantara cabang kota Kediri perspektif teori pemasaran. Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data untuk memeriksa keabsahan data dalam meneliti Strategi Pemasaran Produk Bmt Ugt Nusantara Cabang Kota Kediri Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Perspektif Teori Pemasaran dengan membandingkan data melalui beberapa metode dalam penelitian. Dengan demikian pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara membandingkan data yang telah diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang mendukung hasil penelitian untuk memastikan data tersebut tidak saling bertentangan sehingga dapat diperoleh data yang valid mengenai penelitian ini. Hasil penilitian menunjukkan bahwa 1). strategi pemasaran yang diterapkan oleh BMT UGT Nusantara dalam meningkatkan jumlah anggota yaitu dengan menawarkan produknya untuk semua kalangan terutama kelas menengah kebawah, produk yang paling diminati adalah produk tabungan umum. Harga yang ditetapkan oleh BMT UGT Nusantara terjangkau dan sesuai dengan akadnya. Mengadakan sosialisasi masyarakat, event, periklanan, browsur dan memasang spanduk. BMT UGT Nusantara berada di jalan raya sehingga keberadaan kantor mudah dilihat oleh anggota dan calon anggota, aksesnya yang mudah untuk ditempuh menggunakan berbagai sarana transportasi, baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. 2). BMT UGT Nusantara capem kota Kediri dalam memasarkan produknya sesuai dengan teori pemasaran bauran pemasaran (marketing mix) 4P (Product, Place, Promotion, Price)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: Abdul Ghofur
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:03
Last Modified: 08 Jun 2023 03:03
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item