STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SAAT PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SD NU DARUSSALAM SEMEN

KASANAH, NUR (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SAAT PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SD NU DARUSSALAM SEMEN. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI KEDIRI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (283kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)

Abstract

Kata Kunci: strategi pembelajaran blended learning, masa pandemi Menghadapi masa pandemi COVID-19 yang sedang terjadi menuntut dunia pendidikan merubah strategi pembelajaran untuk menjawab persoalan-persoalan yang membutuhkan sebuah solusi sehingga tujuan pendidikan tercapai. Dan yang paling memungkinkan dilaksanakan saat pandemi ini adalah strategi pembelajaran Blended Learning yang merupakan gabungan dari pembelajaran secara online dan offline. Dari uraian tersebut, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Penerapan strategi pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran PAI saat pandemi COVID-19di kelas IV SD NU Darussalam Semen, 2) Inovasi guru dalam penerapan Strategi pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran PAI saat pandemi COVID-19di Kelas IV SD NU Darussalam Semen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yakni suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang yang diteliti, dengan ciri-ciri memiliki latar yang alami, manusia sebagai alat pengumpulan data, analisis data bersifat induktif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam skripsi ini diantaranya: 1) Penerapan strategi Blended Learning pada mata pelajaran PAI saat pandemi COVID-19 di Kelas IV SD NU Darussalam Semen dilaksanakan secara online dan offline, dengan memilih jenis strategi ekspository (penyampaian materi saja) dan discovery (penelitian dan pemecahan masalah), mengatur alokasi waktu pembelajaran, dan pembagian kelompok belajar. Selain itu juga mempersiapkan kelas sesuai protokol kesehatan yang berlaku untuk menjaga kesehatan, keamanan dan kenyamana peserta didik serta pendidik saat kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas, 2) Inovasi guru dalam penerapan metode pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran PAI saat pandemi COVID-19 di Kelas IV SD NU Darussalam Semen antara lain: membuat rencana pembelajaran darurat yang sesuai tema, penyajian materi dengan lebih bervariasi dan teknik mengelola kelas yang interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ARINI KHOIRUN NISA
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:26
Last Modified: 22 Aug 2024 02:26
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item