Peran Mustahiqoh Dalam Pembinaan Akhlak Siswi Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo Kota Kediri

hamidah, uswatun (2022) Peran Mustahiqoh Dalam Pembinaan Akhlak Siswi Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
UPLOAD SKRIPSI PERAN MUSTAHIQOH 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
UPLOAD SKRIPSI PERAN MUSTAHIQOH 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
UPLOAD SKRIPSI PERAN MUSTAHIQOH 3.pdf

Download (663kB)

Abstract

ABSTRAK HAMIDAH, USWATUN. 2022: Peran Mustahiqoh Dalam Pembinaan Akhlak Siswi Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo Kota Kediri, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Ibu Dianis Izzatul Yuanita, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Mustahiqoh, Pembinaan Akhlak. Dalam agama Islam, mustahiqoh sebagai guru memiliki peran yang sangat penting dalam menyampaikan ilmu, terutama dalam membina akhlak siswi. Karena akhlak memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW. : “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak manusia.” (Riwayat Malik). Terlebih terhadap kaum perempuan yang mempunyai peran penting dalam membangun peradaban. Sebab, perempuanlah yang melahirkan dan mendidik anak-anak, generasi masa depan bangsa. Seperti arti dalam sebuah hadis, “Wanita adalah tiang negara, jika wanitanya baik maka baiklah negara dan bila wanitanya buruk, maka negara juga ikut buruk.” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merosotnya akhlak siswi di zaman sekarang, sehingga peran mustahiqoh sebagai guru dan pendamping siswi di madrasah sangat penting. Anak diusia ibtidaiyah, merupakan masa yang paling tepat untuk menanamkan akhlak pada anak. Sehingga perlu adanya upaya keras yang harus dilakukan oleh pengajar khususnya mustahiqoh/ wali kelas dalam meningkatkan akhlak siswi dalam segi ucapan ataupun tingkah laku dengan menerapkan beberapa metode pembinaan akhlak, agar siswi memiliki akhlakul karimah yang sesuai dengan ajaran Islam. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: 1. Bagaimana peran mustahiqoh dalam pembinaan akhlak siswi? 2. Bagaimana akhlak siswi Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi-aat? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Pimpinan Madrasah, mustahiqoh dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi-aat. Metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, interview/ wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dianalisis menggunakan triangulasi dan diambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Peran mustahiqoh dalam pembinaan akhlak pada siswi sudah dapat dikategorikan baik dalam pelaksanaannya. Mustahiqoh menerapkan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, cerita dan pengawasan kepada siswi. (2) Mustahiqoh harus memiliki kompetensi guru yang baik yaitu kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial dan profesional. (3) Akhlak siswi dapat dikategorikan baik. Diantaranya karena terdapat faktor pendukung dalam membina akhlak pada siswi, yaitu: a. Fasilitas; b. Pendidik dan metode pembelajarannya; serta c. Siswi yang mau menerima pelajaran dan nasehat. Sedangkan faktor penghambat dalam membina akhlak pada siswi yaitu: a. Siswi yang sulit menerima nasehat; b. Heterogenitas; dan c) Perkembangan kemajuan informasi dan teknologi di zaman modernisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Uswatun Hamidah
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:01
Last Modified: 08 Jun 2023 03:01
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item View Item