Implementasi pendidikan karakter religius di MI plus Darussa'adah Lirboyo Kediri Jawa Timur

magfuroh, siti Na'imatul (2022) Implementasi pendidikan karakter religius di MI plus Darussa'adah Lirboyo Kediri Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
skripsi implementasi karakter religius 1 - .pdf

Download (359kB)
[img] Text
skripsi implementasi karakter religius isi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text
skripsi implementasi karakter religius 3 - .pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MAGFUROH , SITI NA’IMATUL, 2022: Implementasi Pendidikan Karakter Religius di MI Plus Darussa’adah Lirboyo Kediri Jawa Timur,Pendidikan Agama Islam,Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Tenika Illananingtyas, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan, Karakter Religius Pendidikan karakter religius merupakan sebuah keharusan yang di terapkan di semua lembaga karena untuk mencetak generasi bangsa tidak cukup hanya mengandalkan kecerdasan intelektual akan tetapi juga di butuhkan kecerdasan sosial danspiritual. Dan pendidikan karakter religius ini sebaiknya di terapkan sejak dini sejak mulai lembaga sekolah dasar/ MI. Misalnya menerapkan pembiasaan mulai dari mengucapkan salam, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, sholat dhuha berjama’ah, kedisiplinan, taat tata tertib. Dengan harapan bisa mengamalkanya juga di kalangan masyarakat. Dari uraian di atas, maka dapat di rumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter religius di MI plus DARUS SA’ADAH ? (2) Apa pengaruh adanya implementasi Pendidikan karakter religius di MI plus DARUS SA’ADAH.? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menjabarkan data tidak mencantumkan angka dan hitungan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang di laksanakan di MI Plus Darussa’adah Lirboyo Kediri Jawa Timur. Hasil penelitian, yaitu: (1) kecerdasan spiritual anak MI PlusDarussa’adah mulai dari mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru, berjabat tangan, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, bisa menghafal Asma’ul Husna, Aqo’id 50, dan bait-bait Nadzom.(2) kedisiplinan berkurangnya anak yang telat saat berangkat sekolah dan masuk ke kelas. (3) taatnya siswa terhadap tata tertib sekolah dan patuh terhadap guru, saling menyayangi sesama teman tidak adanya perkelahian, sopan santun dalam tutur kata dan perilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: siti Na'imatul Magfuroh
Date Deposited: 24 Jun 2023 08:04
Last Modified: 24 Jun 2023 08:04
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1002

Actions (login required)

View Item View Item